Selasa, 05 Juni 2012

FORUM DISKUSI BELAJAR MELALUI FACEBOOK


BAB I
PENDAHULUAN

Latar belakang
            Inovasi adalah sebuah ide, gagasan atau prakteki yang dianggap baru oleh individu atau kelompok dalam sistem sosial. Sebuah inovasi sangatlah dibutuhan untk mengatasi masalah karena pada hakekatnya inovasi dibuat untuk mengatsi masalah.
            Facebuk merupakan jejaring sosial yang sangat populer sekarang-sekarang ini. Salah satu manfaat menggunakan facebok untuk dunia pendidikan adalah dapat mendiskusikan suatu masalah dalam konteks pendidikan atau pembelajaran ke daam suatu forum di facebok. Karena facebok mempunyai kelebihan dimana dapat diakses dimana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu serta masyrakat sudah sangat akrab sekali dengan kata facebook.
            Dengan begitu saya akan mengambil topik forum diskusi belajar melalui facebook, dimana mahasiswa TP  2010 sebagai peserta didik dalam forum diskusi.

Rumusan  Masalah
Berapakah responden (mahasiswa TP) yang menjawab YES, NO, atau YES dan NO?

Tujuan
untuk mengetahui tingkat keaktifan mahasiswa TP 2010 reguler yang menjawab YES, NO, atau YES dan NO.

BAB II
PEMBAHASAN

Hasil Survei
            Berdasarkan forum diskusi facebook mata kuliah difusi inovasi pendidikan, tingkat keaktifan mahasiswa TP 2010 reguler yang menjawab YES, NO, atau YES dan NO. Keaktifan tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :


 

 

 
Berdasarkan hasil survei diatas, mahasiswa TP 2010 reguler mempunyai tingkat keaktifan yang tinggi dalam menjawab YES, NO atau YES dan NO. Sehingga forum diskusi sangat bermanfaat untuk pencarian inforamsai sebelum mata kuliah tatap muka dibuka.

Kajian Teori
Sementara itu, Nicholas (1993: 4) memberikan perbedaan antara inovasi dengan perubahan: “Perubahan mengacu pada kelangsungan penilaian, penafsiran dan pengharapan kembali dalam perbaikan pelaksanaan pendidikan yang ada, yang dianggap sebagai bagian aktivitas yang biasa. Sedangkan inovasi adalah mengacu kepada ide, objek atau praktik sesuatu yang baru oleh seseorang atau sekelompok orang yang bermaksud untuk memperbaiki tujuan yang diharapkan”. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud inovasi adalah “pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat)” (Depdikbud, 1990: 333).
Lebih lanjut Rogers (1983 : 12-16) mengemukakan karakteristik yang dikandung oleh suatu inovasi mencakup :
a.       Adanya keunggulan relatif ; sejauh mana inovasi dianggap lebih baik dari gagasan sebelumnya. Biasanya tolok ukurnya adalah faktor ekonomi, sosial, kepuasan, dan kenyamanan.
b.         Kesesuaian ; merujuk kepada bagaimana suatu inovasi dipandang konsisten dengan nilai-nilai yang ada, pengalaman yang lalu, dan sejauh mana dapat mengatasi kebutuhan calon penerima (adopter)
c.       Kompleksitas ; hal kompleksitas ini berkenaan dengan tingkat kesulitan suatu inovasi untuk dilaksanakan dibandingkan dengan kegunaannya. Apakah inovasi tersebut gagasannya sederhana atau sulit untuk dipahami, dan apakah tingkat kesulitan tersebut seimbang dengan kegunaannya.
d.       Trialabilitas ; aspek ini berkaitan dengan bagaimana tingkat ketercobaannya. Apakah inovasi tersebut mudah untuk diujicobakan.
e.       Observabilitas ; merujuk kepada bagaimana manfaat (hasil) inovasi dapat dilihat oleh masyarakat terutama masyarakat sasaran.
Berdasarkan batasan dan penjelasan Rogers tersebut, dapat dikatakan bahwa munculnya inovasi karena ada permasalahan yang harus diatasi, dan upaya mengatasi permasalahan tersebut melalui inovasi (seringkali disebut dengan istilah “pembaharuan” meskipun istilah ini tidak identik dengan inovasi). Inovasi ini harus merupakan hasil pemikiran yang original, kreatif, dan tidak konvensional. Penerapannya harus praktis di mana di dalamnya terdapat unsur-unsur kenyamanan dan kemudahan. Semua ini dimunculkan sebagai suatu upaya untuk memperbaiki situasi / keadaan yang berhadapan dengan permasalahan.
Seperti telah dikemukakan bahwa munculnya suatu inovasi adalah sebagai alternatif pemecahan masalah, maka langkah pertama pengembangan suatu inovasi didahului dengan pengenalan terhadap masalah (Rogers, 1983 ; Lehman, 1981). Identifikasi terhadap masalah inilah yang kemudian mendorong dilakukannya penelitian dan pengembangan (R&D) atau evaluasi kurikulum, yang dirancang untuk menciptakan suatu inovasi.
Dalam hal ini perlu untuk diperhatikan bahwa inovasi akan mempunyai makna jika inovasi tersebut diterapkan atau diadopsi, sebab jika inovasi tersebut tidak diterapkan/ diadopsi/disebarluaskan maka inovasi tersebut hanya akan menjadi inovasi yang tidak terpakai. Terhadap pengadopsian ini dikenal strategi sentralisasi dan strategi desentralisasi. (disebut penyebaran/difusi inovasi jika ditinjau dari sisi pengembang inovasi, sedangkan adopsi inovasi merupakan prosedur yang dilihat dari sisi calon pemakai/adopter). Baik strategi sentralisasi maupun desentralisasi akan memunculkan permasalahan baru pada saat adopsi/difusinya.
Dari semua pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa di dalam inovasi ada kegiatan menciptakan sesuatu hal baru yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja oganisasi. Menurut Timpe (2002: 421), “Penciptaan sesuatu hal baru di sini erat kaitannya dengan teknologi baru, produk-produk baru maupun metode yang baru, sehingga ketika menyebut istilah inovasi membuat sebagian besar orang berpikir pertama-tama tentang teknologi, produk-produk baru, dan metode-metode baru untuk membuatnya”.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, agar setiap organisasi dapat sustainable dalam lingkungan dinamis yang selalu berubah, maka perlu menumbuhkan dan melakukan inovasi secara terus-menerus yang dikenal dengan inovasi tiada henti. Inovasi yang tiada henti itu maksudnya adalah inovasi yang dilakukan secara terus menerus dalam berbagai hal dan selalu menyesuaikan dengan perkembangan zaman.



BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Beerdasarkan rumusan masalah diatas maka dapat disimpulkan tingkat keaktifan mahasiswa TP 2010 reguler sangat tinggi dan cermat dalam menggapi forum pertanyaan diskusi facebook. Sehingga forum diskusi facebook berperan penting dalam pencarian informasi sebelum mata kuliah tatap muka berlangsung.

0 komentar: